Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi seluruh aspek kehidupan kita. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Agar anak-anak tidak tertinggal pembelajaran dan kesehatan tetap terjaga pemerintah menerapkan pembelajaran Jarak Jauh. Namun hal ini meninggalkan masalah besar bagi dunia pendidikan. Kurangnya sarana dan prasarana menjadi salah satu penyebabnya. Akibatnya terjadi krisis pembelajaran di Indonesia yang menyebabkan semakin tertinggal dengan hilangnya pembelajaran atau yang kita kenal dengan istilah learning loss.
Setelah Pandemi Covid -19 berakhir, Untuk mengatasi permasalahan diatas SD Negeri 1 Kelorarum Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan meluncurkan sebuah program inovasi yang bernama “BangSis BerPeNa (Sambang Siswa, Belajar Penuh Makna)”. Program ini dilaksanakan sejak bulan Januari 2022 sebagai bentuk inovasi sekolah untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga sekolah terutama siswa untuk mengatasi hilangnya pembelajara (Learning Loss) akibat Pandemi covid-19 serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan di sekolah.
Program ini berfokus pada pendampingan pembelajaran pada siswa secara individual untuk mengetahui permasalahan pembelajaran yang dialami siswa, karena pada hakekatnya setiap siswa mempunyai karakter belajar yang berbeda dan mempunyai permasalahan belajar yang berbeda-beda pula. Seperti yang kita ketahui bersama anak-anak mempunyai gaya atau karakter belajar yang berbeda, ada yang bergaya Visual; Karakter tipe visual lebih memahami dengan bentuk, warna dan tata letak atau layout saat sedang belajar dan menyimpan informasi, Kinestetik; Karakter tipe kinestetik ini menyukai pembelajaran yang melibatkan gerakan, Aural (Audio); Rekaman suara, irama dan musik akan membantu mereka untuk fokus saat proses belajar sedang berlangsung, Verbal; Karakter tipe pembelajar verbal lebih suka menggunakan kata-kata, baik dalam membaca maupun menulis dalam memahami pembelajaran, Logis; seorang pembelajar logis akan memahami alasan di balik setiap hal yang terjadi, Sosial (Interpersonal); Pembelajar dengan karakter tipe sosial seperti ini lebih baik dan ideal dalam belajar di dalam lingkungan kelompok, dan Individual (Intrapersonal); Kamu suka belajar dalam keadaan sepi.Program BangSis BerPeNa ini dilaksanakan di rumah siswa masing-masing. Setelah anak-anak pulang sekolah Bapak / Ibu guru mendatangi rumah siswa untuk mendampingi siswa belajar.